Makanan Penambah Darah Pada Ibu Hamil

Makanan Penambah Darah Pada Ibu Hamil

Apakah anda sedang hamil? Jika demikian, anda wajib mengetahui apa saja makanan penambah darah. Hal ini bukan tanpa alasan sebab ibu hamil sendiri ternyata cukup rentan untuk mengalami hemoglobin yang rendah atau kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan anemia atau kurang darah. Hemoglobin ini sendiri merupakan protein yang terdapat didalam sel darah merah yang berfungsi untuk menjaga oksigen dalam tubuh.

Anemia yang rendah pada ibu hamil sendiri ternyata mampu memproduksi plasma darah sehingga konsentrasi dari sel darah merah menjadi lebih berkurang. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan anemia pada ibu hamil seperti kekurangan asupan zat besi, folat, mengandung anak kembar, menderita anemia sebelum kehamilan, usia ibu hamil yang masih remaja dan lainnya.

Makanan penambah darah pada ibu hamil

Anemia yang terjadi pada ibu hamil ini memang tidak boleh anda anggap remeh begitu saja. Pasalnya, anemia jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan beberapa risiko seperti bayi yang lahir premature, berat badan bayi yang kurang, adanya cacat lahir, bayi yang meninggal sebelum atau sesudah dilahirkan dan masih banyak lagi.

Tidak ingin hal ini terjadi pada anda bukan? Itulah mengapa anda harus mengetahui apa saja makanan penambah darah pada ibu hamil yang harus dikonsumsi.

1. Makanan dengan kandungan zat besi
Makanan dengan kandungan zat besi memang menjadi makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil yang menderita anemia ii hal ini bukan tanpa alasan karena anemia ini sendiri merupakan bahan baku utama bagi tubuh sebagai pembuatan hemoglobin. Adapun kebutuhan akan hemoglobin yang disarankan untuk ibu hamil adalah 27 mg per hari.

Adapun beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi diantaranya adalah daging merah, sayuran hijau, telur, bayam hingga brokoli. Agar semakin maksimal, anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang tinggi.

2. Makanan dengan kandungan vitamin B12
Selain zat besi, anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Pasalnya vitamin B12 ini sendiri akan membantu anda untuk mendaur ulang sel darah merah lama yang rusak. Apabila asupan vitamin B12 kurang, maka tubuh anda akan mengalami kekurangan sel darah merah. Beberapa makanan yang mempunyai kandungan vitamin B12 antara lain kacang polong, jeruk, kedelai, sayuran hijau, gandum dan masih banyak lagi.

3. Makanan yang mengandung asam folat
Terakhir, pasien anemia juga disarankan untuk mengkonsumsi asam folat. Asam folat ini pun ternyata tidak hanya membantu perkembangan otak dan sumsum dari tulang belakang bayi, tetapi juga berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Adapun makanan yang mengandung asam folat tinggi antara lain daging, brokoli, sayuran hijau, buat bit, lemon, papaya, pisang dan telur.

Anemia yang terjadi pada ibu hamil memang tidak boleh anda remehkan begitu saja karena bisa mengganggu aktivitas anda. Itulah sebabkan, anda bisa mempertimbangkan makanan penambah darah diatas.

Related Posts

Makanan Penambah Darah Pada Ibu Hamil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini